Ternyata bener ya kata orang, kalo traveling bayi yang masih ASI aja, lebih gampang daripada yang udah mulai makan, hahahaha.. Tapi sebenernya dengan perencanaan yang detail dan mental emaknya yang siap, bisa juga kok have funšŸ˜€

Saya dan suami termasuk pasangan yang suka traveling, walaupun gak seimpulsif dulu, tapi punya anak bukan berarti berhenti hobi jalan2nya. Tentu aja pertimbangannyagak bentar, bolak-balik mikir dan survey hotel itu udah pasti. Kalo dulu saya dan suami bisa cuek milih hotel, sekarang super cerewet soal kebersihan. Kan judulnyabawa bayi, wekekek..

Liburan yang kemaren, kami quick getaway ke Jogja. Walaupun kesannya simpleĀ  karena cuma semalem, ternyata enggak juga, apalagi ngomongin bawaannya Ganendra.

Kerempongan pertama adalah milih hotel buat si krucil. Kalo pilihan pasti banyak ya, sekitaran Malioboro situ bertebaran hotel2 yang bagus dan memang sih kalo sekitaran situ even hotel bintang dua, IMHO, a little bit pricey. Karena bawa bayi plus sama mertua, saya milihnya yang ada ditengah2 Malioboro dan tentunya yang bersih. Saya tuh gampang ilfeel kalo hotelnya kamar mandi gak bersih. Kamar oke, tapi kamar mandi gak bersih, duh, langsung dapet poin minus. Hihihi. Hotel kemaren sih bersih kok walaupun sempit ya. Tapi saya anggap oke lah.

Next, setelah rempong milih2 hotel, kerempongan berikutnya adalah menu MPASI Ganendra plus perintilan yang harus dibawa. Oia, Ganendra sekarang makannya udah 2 kali makanan utama, 1 kali cemilan buah. Biar gak ribet (eh gak ding tetep aje ribet, hahahaa) saya nyusun menu buat 2 hari itu. Jadi kayak gini menunya

Day 1

09.00 (Di kereta) Gasol Tepung Kedele+Apel

15.00 Cemilan Buah : Pisang

19.00 Gasol Tepung Kedele+Apel

Day 2

09.00Ā  Puree Pear+Pisang

15.00 Cemilan Buah : Pisang

19.00 Gasol Tepung Kedele+Apel

Karena waktu itu Ganendra belum makan kaldu-kalduan, ya lebih simple dan gampang sih. Tinggal dimasak jadi satu taruh di cooler bag, nanti di hotel masukkin di kulkas kamar.

Kalo peralatan yg dibawa kemaren:

  1. Telenan+pisau
  2. Pigeon Foodmaker
  3. Mangkuk stainless
  4. Tommie Tippie fot travel+food storagenya
  5. Slabber/Bib
  6. Sabun Sleek ditaruh di tempat kecil
  7. Baskom kecil buat nyuci
  8. Dan, tentu cooler bag
  9. Ā Tempat susu formula Mothercare yg saya pake buat naruh tepung gasol, hehehe

Untuk gasol saya masak duluan soalnya dihotel saya gak masak. Buat angetinnya, saya pake air panas dari tea/coffee makernya aja. Atau dari wastafel kan ada air panasnya, jd food storagenya di rendem kayak angetin ASIP gitu. Steril alat makannya juga disiram air panas. Oiya, sebenernya ada cairan steril punyanya Sleek. Tapi kemaren males bawanya :p

Kalo misalnya ada rencana traveling lagi, saya mau beli rice cooker for traveling yang di jual di Ace Hardware. Sebelum berangkat ke Qatar, saya belikan itu buat suami biar masaknya gampang dan praktis masuk koper soalnya bentuknya kayak lunch jar Zirojushi, harganya 200rb. Bisa masak nasi/sayuran. Kalo bawa slow cooker kayaknya makan tempat ya, hehehe. Kaldu mah bawa yah udah beku ajašŸ˜€

Yang saya perhatiin, selama traveling, jadwal makan Ganendra jangan sampe berubah. Atau misalnya kepepet pas waktunya cemilan buah, kita bisa pesen fresh juice aja. Tanpa gula tanpa es misalnya. Trus bisa juga bawa biscuit homemade. Atau beli buah seger di supermarket terdekat. Kemaren udah persiapan bawa buah sendiri walaupun hotelnya nyambung sama Mall. Ini juga salah satu pertimbangan sih, kalo butuh apa2 tinggal koprol ke Supermarket, hehehe.

So, ready for next holiday, Ganendra? *sodorin brosur liburan* *ketip ketip ke Ayah*