Usia kandungan sudah mendekati 7 bulan dan pertanyaan ini sering mampir ke saya. Jawabannya? *sambil nyengir lebar* “belum tahu..” hahahaha.. Asli saya nge-blank kalo ditanya urusan RS di Surabaya. Kalo nama2nya sih ngerti ya, tapi fasilitas, estimasi biaya, dan obgyn-nya masih belum terlalu ngeh. Masih gape lah kalo ditanya soal Rumah sakit di jakarta dibanding disini. Hiahahaha.. soalnya pas hamil yang kebanyakan di baca tentang RS dan Obgyn di jakarta mulu, sedangkan di Surabaya masih dikit info-nya.

Akhirnya, kemaren, ditemenin Mama mertua, sekalian jenguk Oom yang sakit, mampirlah kami ke beberapa rumah sakit. Sekalian nanya estimasi biaya dan obgyn yang praktek disana. Here we go..

1. RSB Sayang Ibu. Jl Cimanuk No 8 Surabaya Telp: 5675427/5681170

Ini referensi dari temennya Mama mertua yang pernah ngelahirin disini. Obgyn yang praktek ada dua dan semuanya perempuan. RSB ini kecil gitu kayak klinik lah bentuknya. Yang praktek ada dr. Maya dan dr. Vita Maya. Untuk paket biaya :

Kelas I : Normal 6,9 juta. Caesar 13,6 juta

VIP : Normal 8,4 juta. Caesar 16 juta

Kemaren saya ditunjukin untuk kamar kelas 1 dan VIP. Ruangannya gak terlalu besar dan kemaren dipake sementara buat nyimpen box2 bayi. RSB ini emang gak terlalu rame. Pas saya nanya2,

apakah bisa IMD? bisa, tergantung request dari si Ibu.

Pro ASIX? Iya, kalo ASInya lancar ya.. kan kalo pertama biasanya gak lancar -> sorry but this is a turn off signal for me. Mau ngelanjutin komentar saya males hehehe

2.  RS HUSADA UTAMA (depan SMA 4 Surabaya)

Rumah sakit ini terbilang baru beroperasi tapi kayaknya udah mulai rame. Dan salah satu sodara pernah ngelahirin disini. Dan kebetulan Obgyn Prof.  Heru yang dipengenin praktek disini, but we’ll see later.. Estimasi Biaya persalinan (2 hari utk persalinan normal, 3 hari utk operasi Caesar)

– Kelas 2B : isinya 5 orang pasien. Tapi pada prakteknya paling keisi sekitar 2-3 orang katanya. Dan sodara yang ngelahirin Caesar disini waktu itu cuma isi 2 orang. Total biaya jadi 19juta. Untuk Normal : 6,6juta dan SC: 17jt

– Kelas 2A : isinya 2 orang . Normal sekitar 8jutaan dan SC 21 juta

-Kelas I : bedanya dengan 2A hanya pada kulkasnya. Normal 11juta dan SC 25juta

-VIP : Normal 14 juta dan SC 30 juta

– VVIP : Normal 16 juta, SC 33 juta

– Suite : Normal 22 juta, SC 37,6 juta. Ini tarif dasar tanpa adanya komplikasi medis. Belum termasuk biaya lainnya seperti laboratorium, radiologi, dan patologi, biaya administrasi sebesar 750rb. Tapi sudah termasuk alat kesehatan.

Bisa IMD, Pro ASIX (ada klinik laktasinya) dan kayaknya untuk kelas I bisa rooming in. Tapi kalo banyak tamu, bayinya diungsikan sementara ke kamar bayi. Kalo VIP ada bonus pigura cetakan kaki bayi.

3. Siloam Hospital

Estimasi biaya  untuk normal 3 hari, operasi 5 hari :

Kelas III :  9 pasien. Normal 8 juta, SC 16 juta

Kelas IB : 2 pasien. Normal 13 juta, SC 26 juta

VIPB : 1 pasien. Normal 17 juta, SC 33 juta

Belum biaya tambahan lainnya. Kalo IMD tergantung obgyn-nya ya, tapi sepertinya tidak terlalu pro-ASIX dan rooming in. Dan mbak CS-nya ngomong kalo kamar penuh ya terpaksa milih yang tersedia aja. Kecuali operasi. Hmm..

4. RSB Lombok 22  Jalan Lombok 22

Kelas 3 : 4 pasien. Normal 5,5 juta dan SC 12,5 juta

Kelas II : 2 pasien. Normal 7juta dan SC 15 juta

Kelas IIA : 3 pasien. Normal 7,5juta dan SC 16juta

Kelas I : 1 pasien dan 1 bed penunggu. Normal 9juta dan SC 18,6 jut

Kelas VIP : 1pasien dan 1 bed penunggu. Normal 11 juta dan SC 22juta

Belum termasuk biaya tambahan seperti PA, laboratorium, inkubator, fisioterapi, dll.

Bisa IMD dan Pro ASIX sepertinya karena ada kelas yang bisa rooming in. Semuanya ada fasilitas TV, AC dan kamar mandi dalam. Untuk Kelas 1 dan VIP ada kulkas.

5. RS Islam 2 Jemursari

Yang nanya Ibu mertua sih.. gak begitu lengkap datanya. Kelas 1 untuk normal sekitar 6 juta dan SC 10-15 juta. Kelas 1 ini satu orang plus bed penunggu. Dan disini mulai lengkap. Ada kelas senam hamil, klinik laktasi, Pro IMD dan Pro ASIX. Tempatnya sepi sih.. tapi mungkin buat yang ngelahirin enak ya tenang, hehehe..

Sebenarnya ada yang banyak belum direview,  misalnya RS Putri, RS Darmo, RKZ dan Ramsay International. Sementara ini dulu ya.. Kalo Ramsay, katanya harganya be-ti sama RS Husada Utama. Tapi belum saya survey sih.. Sampe sekarang belum tau nih mau lahiran dimana hehehe..  Tapi yang jelas, udah ketahuan kudu sedia dana lahiran berapa, hoahahaha.. Da-dah cover kantor! *berkaca-kaca ngeliat buku rekening* Untuk caesar dengan kelas standar aja sekitar 20jutaan *glek* Mana saya golongan darah O, dimana prosentase bayi mengalami kuning menjadi besar.. Suami golongan darahnya B. Huhuhu. Semoga aja sehat2 semua ya Allah..

Ya udah mau gimana lagi.. Pasrah aja, percaya kalo rejeki bisa datang darimana aja🙂

Yuk nak.. kita berdo’a dan berusaha semoga bisa lahiran normal dan kita berdua sehat2 aja. Amiiiiiin!!!