Jadi pengangguran kayak sekarang, kadang bikin saya ngerasa “buntu”. Apalagi saya harus tinggal di kost dan jujur rasanya kayak dalam “kotak”.. Hehehehe. Kalo yang di kost lama, saya masih bisa masak, jadi lumayan lah bisa eksperimen walaupun dengan alat2 terbatas dan tentunya menu yang terbatas juga, hahaha.

Sejak hamil, suami pindah kerja dan pindah ke kost baru, saya justru gak bisa lagi masak.. Trimester pertama, saya gak kuat sama bau bumbu dan makanan mentah :p Selain itu, secara struktur bangunan, kost yang baru gak mungkin buat saya eksperimen di kamar.

Untungnya, akhir-akhir ini saya punya “mainan” baru. Bukan yang didalem perut ini, tapi berhubungan dengan keterampilan tangan, hihihi. Insya Allah, bulan Juli, kami mau ngadain acara 7 bulanan plus acara kumpul kecil-kecilan bareng temen2 deket saya yang sekalian aja dibuat baby shower saya. Gak pure baby shower kayak umumnya, ini lebih ke acara makan siang apalagi udah 6 bulan gak pernah kumpul bareng mereka, huhuhu..

Karena saya punya waktu lama buat nyiapin acara, jadinya lumayan lah menyalurkan ide saya buat iseng-iseng bikin perintilan acara. Dari googling dan eksperimen dengan beberapa jenis kertas, saya bikin undangan itu. Kalo dipikir-pikir, lumayan juga bisa bikin undangan yang lebih personal dan sesuai dengan tema yang kita mau. Dan saya gak pake corel draw, photoshop buat ngedit sendiri, cukup dengan Paint. Hehehehe. Cari aja invitation yang free dan printable di Google. Dengan keywords itu, kita bisa dapet contoh undangan yang gratis. Tinggal ilmu edit dikit-dikit..

Contohnya dari website ini dan ini.

Untuk undangan pertama saya bikin untuk acara Tasyakuran. Benernya bisa biasa aja, tapiiii… karena saya terlalu nganggur dan iseng pengen bikin sendiri, jadilah undangan ini :

Ternyata bikin undangan model gini aslinya gampang tapi asal tahu trik-triknya kayak lemnya, jenis kertas dan cara nge-print yang baik, hahaha.

Untuk undangan ini, saya pakai kertas warna “Metallic Gold Stardream” 120gr ukuran A4. Belinya di Gramedia aja kalo gak salah harganya 16rb isi 10lbr. Untuk kertas luar saya beli kertas kalkir yang lembaran sekitar 11rb per 10lbr. Juga beli di Gramedia. Pitanya saya beli di PaperPlus (apa paper office yak?lupa..). Berhubung saya gak punya printer jenis ink-jet, jadi saya nge-print di Digital Printing. Perlembar harganya 7rb. Semakin banyak semakin murah.Emang jatuhnya lebih mahal tapi karena gampang dan lumayan deket dengan rumah jadi lebih milih disana. Mungkin kalo yang pengen dalam jumlah banyak justru di percetakan jatuhnya pasti lebih murah ya. Untuk perekatnya pun, saya gak pake lem khusus, cukup dengan double tape walaupun kudu hati-hati biar keliatan lebih rapi. Jadinya lumayan kok *narsis* wekekek. Tapi kalo lebih dari 50 lbr saya gempor juga, ngerjain ini saya butuh sekitar 2-3 hari. Nge-desainnya yang lumayan lama, kebanyakan mikir plus ilmu editing yang cetek, hahahaha..

Kalo untuk undangan baby shower-nya berhubung jumlahnya dikit, jadinya cepet banget. Lamanya justru milih2 model yang dipengenin. Kalo ngeliat di situs2 gitu, kan pada kreatif dan lucu-lucu banget yah.. Saya yang sederhana aja deh, hihihi.

Ini template-nya saya download dan saya edit sendiri. Print di kertas A3 terus ditempelin di kertas scrapbook. Saya suka tuh ngumpulin kertas lucu-lucu gini. Rencananya amplopnya juga saya bikin dari kertas kalkir. Yang gampang aja deh, hehehe.

Perintilan berikutnya adalah souvenir. Saya beli runner meja makan/tamu hasil hunting di Inacraft kemaren. Lumayan dapat diskon dan bonus karena beli lebih dari 2 kodi. Saya bungkus pake kertas tisu dan pita emas. Tinggal ditempelin thank you-card.

Masih ada beberapa yang belum jadi, rencananya saya selesein di Surabaya. Untuk undangan sudah beres, tinggal souvenir baru seperempatnya jadi :p Abis ini dikebut soalnya 2 minggu lagi saya mau balik ke Surabaya. Tiket pesawat pun udah dipesen.. Hiks, pisah ama suami deh sementara.

Hihihi.. berasa kayak mau nyiapin perintilan nikah lagi :p