Baru aja ngebatin “wah, kudu hati-hati ini. Selama hamil, hormon bisa bikin alergi kumat kapan aja..” dan besoknya (hari ini) kejadian!

Hari ini baru bangun dari tidur siang, tiba-tiba tangan kerasa gatel banget. Pas saya lihat, muncul kayak beruntusan gitu. Mampus! gatelnyaaaa… Kayak ada yang gatal dari dalam kulit. Karena gak tahan, saya garuk dikit. Hiyaah, merah deh. Abis itu, tanpa ba-bi-bu, saya langsung mandi lagi. Pake sabun dettol batangan. Selesai mandi, langsung diolesin Caladine cair. Alhamdulillah, sudah mendingan dan saya bisa nahan gatalnya. Aslinya sih, kalo digaruk dikit aja pasti kumat lagi, soalnya saya diemin pun kulitnya  udah beruntusan tapi tersamar.

Akhirnya, saya browsing-browsing sambil nahan gatal. Yang saya kutip dari situsnya Ayahbunda :

Gejala: rasa gatal yang dialami ibu hamil mulai dari yang ringan sampai yang cukup berat. Bahkan terkadang rasa gatal itu disertai ruam dan guratan merah.

Penyebab: kulit kering, peregangan kulit perut, dan gejala PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy). PUPP biasanya terjadi akibat meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadatrophin) dan hormon esterogen.

Dan satu lagi dari sini,

Ada juga beberapa penyakit kulit yang muncul saat ibu hamil. Salah satunya peurigo gestationalis. Gejalanya berupa beruntusan dan gatal-gatal pada seluruh tubuh. Keluhan ini biasanya muncul di trimester kedua atau ketiga. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari alergen atau zat-zat pemicu alergi.

Gak tau deh itu yang mana, yang jelas, penyakit gatal ini wajar dialami oleh ibu hamil. Apalagi yang punya riwayat alergi (hah? apakabar sama hasil test alergi saya yang tinggi? )

Penanganan awalnya :

  • Oles dengana body lotion atau body butter. Jangan digaruk karena bisa memperparah keadaan.
  • Mandi air dingin. Mandi air panas akan menambah gatal.
  • Gunakan sabun berkadar pH rendah, misalnya sabun bayi.
  • Setelah mandi, seka kulit dengan ditepuk-tepuk, bukan digosok.
  • Gunakan pakaian dari kain katun.
  • Bila gatal sangat mengganggu, segera hubungi dokter spesialis kulit dan minta rekomendasi obat anti gatal yang aman bagi janin.

Saya selama ini pakai sabun dettol batangan. Kayaknya mau jaga-jaga beli untuk baby sebamed batangan, karena pH-nya rendah dan katanya mending yang bentuknya batangan dibandingkan yang cair.

Semoga gak berkelanjutan nih gatel😦