Saya bukannya ngeluh ya dengan keadaan kehamilan saya yang sekarang. Oke, memang ada naik-turunnya kondisi badan saya, tapi bukan berarti saya tidak menyukai dan menikmati kehamilan saya. Setiap “hambatan” yang ada malah membuat saya menjadi semakin kuat dan bersyukur karena diberi kepercayaan Allah untuk menjalani amanah ini. Saya suka takjub sendiri, ada makhluk kecil yang sedang hidup didalam perut saya ini.. Subhanallah *mewek niih*

Saya mengamati, tiap minggu, ada saja perubahan yang terjadi dalam tubuh dan mungkin karena kehamilan pertama, jadi suka bingung sendiri ngadepinnya🙂 Masih banyak perjuangan ibu-ibu pas hamil demi kesehatan anaknya. Saya jadi terpacu untuk terus kuat,,

Prinsip saya, gak papa Ibunya jungkir balik yang penting anaknya sehat dan normal. Amiiiiiin! hehehe..

Perkembangan saya dari minggu ke minggu.

Minggu ke 5 : Pertama kali tahu kalo positif hamil. Kirain malah PMS. Hihihi.. Muntah, mual saya kira maag, makanya saya minumin Plantacid. Awal-awal minggu malah “begajulan” maen snorkeling dan surfing sampe jungkir balik, terus nyetir berjam-jam antar kota. Kerasa mulai gampang capek dan ngantuk di minggu2 ke 4 menjelang ke 5. Kram perut juga disamain sama PMS. Eh ga taunya, si Kakak muncul🙂

Minggu ke 6-8 : kata orang, sejak ketahuan hamil, justru semakin menjadi-jadi mualnya. Beneeraaan,. mana sempet kena flu. Halah, malah gak enak dobel.  Konstipasi muluu. Dan maunya makan yang kecut, seger dan pedes. Lidah kan emang berubah rasa, jadi semua makanan yang awalnya enak, rasanya jadi aneh. Malah saya sempet ogah makan nasi putih. Soalnya rasanya jadi aneh, hehehe.. Mual dan muntah kadang muncul malam hari, walaupun pernah seharian juga. Nah itu paling gak enak.. hehehe. Hidung jadi lebih sensitif sama bau-bauan. Bahkan bau kamar kost yang dulu saya sampe mual, padahal ya biasa aja aslinya, hahahaha..

Minggu ke 9-10 :

Sudah mendingan mual dan muntahnya. Mungkin efek duphaston yang sempet berhenti saya minum soalnya udah habis sebelum kedokter. Minggu2 ini paling lumayan lah. Emang masih ada pusing mual dan muntahnya tapi gak separah minggu2 kemaren dan nafsu makan naik lagi, hehehe. Gampang banget pingin pee

Minggu ke 11-12 :

Sudah kege-eran “ah, kayaknya udah gak mual dan muntah lagi nih..” ternyata, salah sodara-sodara. Liat aja posting kemaren yang sampe pingsan dan ke UGD segala.. Halah, rada sport jantung mikir kakak gimana keadaannya.

Sekarang, Kakak udah 13weeks usianya di USG, Saya pake itungan ini, soalnya jadwal menstruasi saya gak teratur jadi gak match sama HPHTnya. Kalo usia kehamilan udah 15weeks yah berarti? Hmm.. gak apalah, yang penting Kakak sehat dan perkembangannya normal. Insya Allah..

Masih beberapa minggu lagi menjelang trimester kedua. Huaa.. gak sabar pengen ngerasain tendangan kakak, hihihi.

Oia, untuk yang sekarang saya suka sesak nafas nih.. Sampe susah tidur. Apalagi saya emang punya asthma –hiks, maaf ya nak, ibumu kok penyakitan gini, hihihi- Bingung mau nanya sapa malem2, ya udah, googling lah sana-sini. Lumayan dapet penjelasan yang bikin tenang, walaupun kalo diterusin ada juga yang malah bikin parno. Hehehehe..

Dari informasi yang saya kumpulin, rahim yang membesar akan mendesak paru-paru. Terus juga, kerja jantung dan paru-paru meningkat karena harus memasok kebutuhan oksigen buat ibu dan janin. Mungkin itu sebabnya ya, jantung saya kadang suka berdebar-debar.  Kalo udah gitu, saya tarik nafas-buang beberapa kali. Atau tidur dengan bantal ekstra. Makan pun gak sampe kenyang-kenyang banget, dikit-dikit dicicil, dikunyah pun lebih lama daribiasanya, daripada saya sesak kekenyangan, hahaha..

Kepikiran kalo udah trimester 2 mau renang aja sekalian melatih nafas sekalian refreshing, hihihi.. Pengennya sih di laut malah, tapi pasti banyak gak bolehnya yak. Ada yang sempet bilang, kalo ada asthma susah ngelahirin normal. Gak tahu lagi.. Ntar pas jadwal kontrol ke dokter, saya mau nanya2. Sudah nyiapin list pertanyaan nih, hehehe..

Sehat terus ya sayang.. Bentar lagi lulus trimester pertama loh..

Love u much, dear..