Saya coba baca-baca lagi tulisan di blog ini sebelum saya ketahuan hamil dan melihat banyak “dosa” yang telah saya perbuat  T______T

Kalo dilihat dari usianya, pas tanggal awal2 minggu, saya kan snorkeling dan surfing2an tuh pas liburan di Bali, dan saya sampe kebanting-banting! huhuhuhu. Tapi si Mas menghibur saya dengan banyolannya, “loh mungkin karena dibolak-balik sampe kebanting gitu, sayang, makanya jadi..”LOL!  terus karena saya emang orangnya aktif, kemaren2 saya jalaaaaan mulu. Muter2 kota lama sampe Sunda kelapa buat hunting  foto, lompat sana-sini, bahkan sempet-sempetnya niruin dance-nya Lady Gaga! HAHAHAHAA..

Contoh berikutnya: MINUM KOPI!

hadeeeh.. pertama di Kopitiam Oey yang pahitnya ampun-ampun, dan malah sehari sebelum saya test, saya abis minum kopi di kantinnya UPH! Jadi ceritanya,pagi-pagi saya mau nemenin suami interview di daerah BSD sana. Mampir ke UPH dulu sama kakak Sepupu yang kebetulan dosen buat sarapan dan sekalian pamitan setelah nginep semalem di rumahnya. Karena super ngantuk, ya udah pesen frapuccino. Lumayan juga buat ganjel. Dan anehnya, badan masih lemes dan ngantuk..😦

Posting saya tentang mual dan mun**h kemaren yang saya pikir itu maag, ternyata bukaaan!! ckckckck.. Soalnya mual yang sampe mun**hnya pun tengah malam jam 12an gitu.. Itupun cuma sekali doang. Huhuhu.. ya pasti dikirain masuk angin dan maag kumat.

Terus, saya baca-baca lagi twitter saya dan nemuin ternyata saya pernah ngidam kayaknya.. Wekekek.. Saya nulis, saya kepengen minum sirup ABC Orange. Waktu itu saya bingung sendiri, kenapa kok mendadak kepingin.. Cuma emang dasarnya saya orangnya pengenan mulu yak, jadi saya cuekin aja. Hahahaha. Sempet terlintas, “apa hamil yah?” cuma saya pikir lagi. Ah, PMS juga biasanya gini..

Dan emang bener deh, tanda-tanda PMS saya kadang tricky banget. Nafsu makan bertambah,sering pipis, PD sakit, sampe perut kembung dan mual.  Dan saya ngalamin gejala PMS kayak gini gak cuma sekali.. Aneh banget kan.. Makanya, saya bener-bener gak tahu kalo ternyata saya mengalami tanda-tanda awal kehamilan. Kalo inget-inget ini, saya pengen nangis, huhuhu..

Ada lagi “dosa” lainnya.. (banyak yaah..) awal-awal minggu, saya mengkonsumsi To****m B***r 100ml. Penyebabnya, saya kan emang anemia, jadi persiapan sebelum menstruasi dan supaya gak gampang loyo, saya memang mengkonsumsi suplemen untuk menambah zat besi. Biasanya saya minum EverFe untuk menambah darah. Cuma bentuknya kan effervescent, jadinya bentuknya yang sirup emang lebih ringkas. Gara-garanya liat iklan yang muncul di TV kalo baik buat ibu hamil. Selidik punya selidik, googling sana sini, eh, baru tau kalo si T ini mengandung etanol 5% !!!!!!!!!! Mau pingsan gak bacanya.. Tapi, ada juga situs yang bilang yang sekarang kalo sudah tidak mengandung etanol. Dan disitusnya tidak ada keterangan apapun…YA ALLAH, beneran pengen nangis ini.. huhuhu. Di kemasannya juga boleh dikonsumsi Ibu Hamil.. Padahal, efek etanol kan berbahaya buat janin.. *nangis beneran*

Fiuuuuh.. walaupun yang penting saya sekarang tidak mengkonsumsi lagi.. dan walaupun minumnya gak teratur tiap hari, tetep aja saya khawatir..

Sudah selesai sampai disitu? beluuuum..

Jadi Obgyn saya ngasih obat Ascardia 80mg. Saya sempet minum sekali sebelum tidur dan besok paginya mata saya bengkak dua-duanya. Sekalor orang jawa bilang. Pertama yang dicurigain adalah jangan-jangan saya alergi dan salah satu obat. Kedua,  alergi makanan. Ketiga, masuk angin..

Saya langsung telepon adik ipar saya dan dia buka-buka buku obat. Disebutin disitu kalo obat ini antara lain untuk jantung dan orang riwayat stroke serta kontradiksi pada ibu hamil yang penggunaannya harus hati-hati. Langsung saya STOP.

Besoknya, saya nanya lagi ke pacarnya adik ipar yang bungsu yang jadi apoteker. Dia jelasin isinya Ascardia itu   mengandung  80 mg asam asetil salisilat (asetosal). Intinya buat mengencerkan darah, jadi buat yang menderita ACA (Anticardiolipin Antibody) yang disebabkan oleh adanya virus sehingga tubuh memproduksi antibodi yang mengakibatkan darah mengental.  ACA ini bisa mengganggu suply makanan ke janin dan menyebabkan keguguran.

Setelah saya browsing juga, biasanya Ascardia ini diberikan untuk pasien yang pernah mengalami riwayat keguguran lebih dari sekali , flek, atau sudah ada hasil lab yang menunjukkan kalo memang mengidap ACA. Itupun tidak semua dokter menghiraukan ACA ini.

Yang saya bingung, kenapa saya dikasih Ascardia ini yah???? Emang dosisnya ringan dan fungsinya sama seperti Aspirin dosis rendah, tapi seharusnya kan pemberian Ascardia ini harus ada observasi yang mendalam dulu kan? test lab lah minimal..

Apa karena saya cerita menstruasi saya tidak teratur dan kadang suka anemia?.. atau untuk mencegah keguguran?! Bahkan dari beberapa milis yang saya baca, sebelum dikasih obat ini,mereka udah test lab loh.  Sementara saya belum sama sekali.. Kalaupun iya, saya maunya harus lewat prosedur yang sesuai, ada test lab dulu.  Oiya, ada blog yang menerangkan tentang ACA ini secara gampangnya.

Yang saya kutip dari blog diatas,

Kelainan ini lebih banyak disebabkan oleh  faktor internal, keturunan. Bila dalam silsilah ada riwayat keguguran, garis wanita yang berada di bawahnya perlu lebih waspada. Apalagi jika kehamilan sebelumnya pernah mengalami keguguran berulang, janin mati dalam kandungan dan preeklampsia

Naah.. makin bingung kan, maksudnya dokter ngasih ini apaa.. Untuk preventif kah? tapi kalo misalnya saya tidak mengalami pengentalan darah, yang ada malah darah saya lebih encer, bukannya bisa memicu pendarahan? Pusiiiiing!! hehehehe.

Kalo mungkin  bisa membantu menambahkan, monggo.. Soalnya ini kan hasil browsing2 juga, lebih jelasnya saya nanti konsultasi ke Obgyn lain saja..

Asli sampai sekarang saya khawatir dan deg-degan terus.. Saya terus berdo’a supaya Allah menjaga kami terus.

Sebaik-baik pelindung adalah Allah SWT dan Bila Allah berkehendak serta menghendakinya, Kun Fayakun,  Jadilah,  maka jadilah ia..

Satu sisi saya pasrah, sisi yang lain berusaha terus menjaga amanah ini..

Yuk nak, kita sama-sama berjuang..