Setelah kemarin ilmu memasak saya berkembang, eeh.. hari ini mengalami penurunan lagi, wakakakak.. Apa pasal? kedudulan saya dalam memilih bahan2 buat masak Sayur Bening! Oh, pleeaseee.. hakhakhak.. Keliatannya aja gampang tapi ternyata so tricky buat saya yang amatiran ini.

Ceritanya, abis Mas berangkat kerja, saya bingung milih enaknya masak apa hari ini. Pengennya simple aja deh.. Ahaa, kepikiran buat bikin Sayur Bening dan Tempe Penyet. Hmm.. seger dan buat obat kangen ama masakan Surabaya. Halah! Sambil kriyep-kriyep, browsing resep dan abis itu cuci muka terus pergi ke pasar. Pede aja gituu. Kan pikiran saya, “Aah, tinggal cemplung ini. Gak seribet sayur asem!”. Nyampe Pasar, sok-sokan milih sayur. Ambil bayam. “Eh, koq bayam sih? bukannya kankung yah?”  *sambil ngebayangin bentuknya sayur bening* Ambil kangkung dengan pede (!!!) dan jagung terus beli jagung, cabe, daun salam, dan tomat. Eh, sekalian ama tempe ding.  Okeh, done, langsung pulang.

Sampe di kost, mulai deh nyiap2in bahan, motongin kangkung, goreng tempe, dll. Sambil nunggu tempe mateng, saya nelpon Ibu Mertua.

Saya : “Halo, Ma, bahannya Sayur Bening apa sih Ma?” -kenapa nelpon Ibu Mertua, soalnya Mama saya jarang masak masakan Jawa, kebanyakan masakan Sulawesi gitu, jadi saya percayakan resep Sayur Bening yang lebih akurat  ini kepada Mama Mertua, hehehe-

Mama : “yah garam, bawang merah, kunci digeprak gitu aja Mbak.” –Kunci?what kunci?okeh, kayaknya itu ada di empon2 yang dibeli kemaren deh-

Gak tanya lebih lanjut, kami malah ngobrol bentar tentang rencana liburan ke Bali nanti Desember. Sudah oke dan berangkat berlima. Yay!! terus beliau do’ain lancar test buat besok. Amiiin!

Selesai nelpon, saya ngeluarin Mpon-Mponan (apa sih bahasa indonya?!wakakakak). Ada empat biji dan semua terlihat sama! Hah? piye iki? baiklah dipotong ujungnya satu-satu, terus dibauin, hihihi. Okeh, 2 biji ini adalah jahe sama kunyit. Naaaaah, tinggal 2. eh, eh, apa sih ini?! Lengkuas yang kemaren mana? apa yang satunya kunci? baunya kayak gimana sihhh?!  PANIK! Telpon Mama lagi, gak diangkat.. Browsing di internet kagak ngebantu. Ya udah, pasang status di FB “Tuhaaan, apa bedanya lengkuas sama Kunci?” HAHAHAHAA… Ketahuan dudulnya niiih, hihihi.. Untungnya banyak yang ngebales, salah satunya mbak rika sama mbak tika. Thank youuu… Walaupun jujur, tetep bingung bedain. Lengkuas kan segede2 gaban, nah kalo kunci kecil2… Masalahnya, yang dikasih sama Mas2 Sayur itu semua ukurannya kecil2.. Hikz. Bingung kan? Ya udahlah, saya mikirnya gak papa deh rasanya gak terlalu enak.. Saya telpon Mas bilang kalo mau masak sayur bening tapi kalo rasanya gak enak tetep dihabisin yak?!hehehe.. soalnya gak bisa bedain bumbu nih istrinya, hahaha.

Ditengah kepasrahan itu saya baca lagi replynya mbak Tika..

lengkuas bs buat tumis,,kunci buat sayur bayem.

Apa? bayem?! perasaa tadi belinya.. KANGKUNG!!! wakakakakakakak!!! dobel dudul!! hehehe.. Ya udahlah, kayaknya gak direstuin bikin sayur bening!! hihihi.. Terpaksa buangin tuh air yang udah dimasak pake bawang merah dan jagung. Hahahaha.. Malu2in dah.

Langsung deh rubah menu jadi cah kangkung saus tiram plus tempe penyet. Walaah,, gini nih kalo kemampuan masaknya masih jongkok, hehehe. Untungnya cah kangkung dan tempe penyetnya berhasil dan tandas sama suami.”Enak koq Cah Kangkungnya!!” dalam hati saya jawab, “Ameeen!!”

Dipikir2 saya masak Sayur Bening terakhir itu pas jaman SD (buseett!) buat materi ujian kelompok Tata Boga. Hehehe. Eh, masih ada gak sih pelajaran Tata Boga itu?. Ya udahlah, sayur beningnya disimpen dulu, nanti aja kalo saya udah fasih bedain kunci ama lengkuas, LOL!