Dimana ada niat, disitu ada jalan..
Dan saking niatnya pengen bisa masakin suami, saya berniat beli peralatan dapur. Mulai dari kulkas, kompor listrik sampe rice cooker. Tapi dari list saya itu yang akhirnya kebeli adalah rice cooker. Pengen beli kulkas mini, tapi mikir lagi, mau ditaruh dimana tuh kulkas di kamar kost kami yang mungil ini. Harganya gak jauh beda yah sama yang gede. Sebenarnya kemaren mau beli, tapi saya bilang ama suami, “ntar aja sayang, masih belum penting-penting banget buat aku. Ntar aja kalo aku udah bisa adaptasi sama masak-masaknya”. Suami manggut-manggut..

Baiklah, sekarang pindah ke kompor listrik. Kata Mas-nya, komponen listrik cepat rusak dan saya juga rada takut makenya karena belum terbiasa make kompor listrik. Nanti aja deh..

Akhirnya kebutuhan paling utama, rice cooker. Semua orang nyaranin beli rice cooker dan entah kenapa dari awal-awal pindah gak kepikiran beli rice cooker segera. Kami mikirnya, ntar-ntar aja deh, toh depan kost ini banyak depot makanan.. Tapi setelah dipertimbangkan lagi, kayaknya gak ada salahnya beli rice cooker deh. Lagian saya suka parno, makanan2 itu banyak pake MSG gak yah?..kuah bakso langganan saya kayaknya make MSG deh. Hiks.. Padahal  Saya gak suka pake MSG dan setiap kali masak saya jaraaaang banget pake MSG, penyedap rasa, micin, dan apapun lah namanya. Kalopun iya, pakenya dikit banget.

Kata kakak sepupu saya, ada temennya yang make rice cookernya gak cuma masak nasi atau menghangatkan lauk, tapi bisa juga buat masak! “Ah, masa sih? gimana caranya yah?” pikir saya waktu itu. Lalu saya berusaha membuktikannya. Coba dulu deh.. Modal nekat!
Saya dan suami akhirnya belanja bahan makanan ke Carrefour ITC Kuningan dan paginya ke pasar. Baru googling cara masaknya. Eh, benernya kebalik yah, survey dulu baru belanja.. hahaha.. yaudahlah, namanya juga nekat, hihihi!

Dan eng..ing..eng! saya nemuin resep di link ini.

And I was like “whoooaaah!” Trully amazed! Ya Allah.. senengnya.. Hahahaha!!

Duh, senasib dan sepenanggungan! makasih yang udah nulis post itu! My saviour!

Setelah dapat link, pede dan kenekatan saya bertambah. Cumaaa.. karena bahan seadanya, saya mikir lagi mau masak apaan yah. Saya belanjanya ayam, bawang2an, cabe, tempe, pokoknya yang bahan dasar gitu deh. Ya udahlah, bikin resep campur2 aja. hahaha! Berharap-harap cemas, gapapa deh masakannya gak begitu enak, asal nih rice cooker gak mleduk aja gara2 kesotoyan diriku.. LOL!

Semalam saya beli Bumbu Nasi Hainan Prima Taste harganya kurleb 15 rban dan buat 2 orang. Siip! Masalah nasi terselesaikan.. Nah, untuk lauknya, akhirnya saya bikin Oseng Ayam Kecap. Dari bahan yang seadanya. Pokoknya pake kecap deh yang banyak, hahahah!

Jadi pertama, saya potong halus dulu bawang putih, bawang merah, cabai, dan bawang prei. Terus, siapin rice cookernya. Tekan tombol “COOK”. Kasih minyak dikit -eh, saya kasihnya banyak ding, takut gosong, hahahaha- terus tumis bahan2 sampe harum, baru deh cemplungin ayamnya. Setengah matang, kasih kecap dan gula-garam secukupnya.

ayam

Tadaaa!!

Hasilnya kayak ayam kecap kali yah atau emang gini cara masak ayam kecap?! hahaha.. gak tahu deh. Saya sih suka rada pedas, makanya potongan cabainya saya banyakin.

Masak pakai rice cooker ini pastinya makan waktu lebih lama dibandingkan masak pakai kompor, jadi harus telaten nungguinnya. Terus, minyaknya saya banyakin soalnya takut gosong, walaupun kayaknya sih enggak. Entar dicoba lagi deh pake minyak yang dikitan, hehehe.

Sempat terjadi kebegoan, “gimana nih matiinnya?” asli bingung.  Mikir bentar, sama kali yah sama masak nasi?! Ya udah deh klik untuk “MAGIC WARMER” dan cabut kontaknya. Hahahaha!

Kalo nasi Hainannya gampang banget yah, ada petunjuknya di kemasan belakangnya. Enak koq rasanya, jahenya juga kerasa. Nasinya gurih jadi menurut selera saya sih pas kalo dipaduin sama Ayam Kecap yang manis pedas gitu.

Photo0644

Fotonya kegelapan nih, ayamnya jadinya keliatam item banget, hihihi

 

Alhamdulillah, pas dicobain suami, dia syukaaa..Walaupun ini bukan pertama kali masakin dia, tapi, Aaah, senaaang! Saya perhatiin mukanya lagi. Ngomongnya kepaksa gak yah?? pas ngunyah dan nelennya pun lahap.. ahahaa.. berarti gak kepaksa, eh, apa laper yah? “Enak koq sayang, beneran” katanya lagi. Hihihi! tau aja kalo saya curigain.

Hhhh.. lega deh proses memasak ajaib pake rice cooker berhasil. Bener yah, jadi house wife tuh harus pinter2 nyiasatin keadaan, HAHAHAHHA!

Nah, sayang, sekarang kulkasnya boleh masuk list lagi.. *wink-wink