Ini adalah notes yang saya tulis kemaren di Facebook saya.. Saya copy-paste karena saya ingin mengungkapkan, how much she means to me..

Mom, saya tahu, kata terima kasih tidak akan cukup untuk semua cinta dan kasih sayangmu. Mulai sejak saya lahir dari makhluk bersih tanpa dosa nan mungil, sampai sekarang saya jadi manusia seutuhnya dan ternyata justru banyak membuat dosa, Mom selalu menyayangi dan mengasihi saya.

Dulu, saat saya belum bisa bicara, Mom mengajarkan kata demi kata. Tapi sekarang, saya justru bisa menciptakan kalimat yang menyakitkan buat Mom. Mom sudah banyak mengajarkan banyak hal di dunia ini supaya saya menjadi manusia yang berguna dan berbakti. Tapi saya sering ‘lupa’ maksud itu dan berpikir egois kalau saya sudah dewasa dan bisa belajar sendiri.

Mom, terima kasih, saya tahu setiap shalat dan do’a, Mom menyebutkan nama saya. Khusyuk dan Ikhlas. Dan saya percaya kekuatan do’a seorang Ibu. Saya berjanji, tidak akan lupa juga mendo’akan Mom, karena Mom adalah kekuatan saya.

Mom, kita kadang berbeda persepsi dan bertengkar. Mom dan saya memang berbeda. Bahasa kita tidak terlalu sama. Tapi saya tahu, Mom sayang saya, dan saya berharap Mom juga tahu, walaupun saya sering keras kepala dan melawan, saya sangat sayang Mom dan Mom berarti bagi saya. Hanya saya jarang mengungkapkannya. Entah kenapa, setelah saya dewasa, saya justru mudah mengungkapkan sayang kepada pacar saya.. Maaf ya Mom?..

Mom, suatu saat nanti kita akan berpisah,,, katakan Mom, adakah kata2 yang indah dan pantas di hari itu?.. terima kasih dan cinta, lebih dari itu. Mom, dunia ini keras, dan anakmu ini sedang menghadapinya dan akhirnya mengerti, amanah menjadi seorang Ibu adalah luar biasa. Mom, saya harus bisa seperti Mom..

Ya Allah, terima kasih, sudah memberikan saya kesempatan memiliki dan dicintai oleh seorang Mom, didunia ini, ketika saya menjadi manusia.. Mom, apa kita akan bertemu lagi ketika dunia ini sudah musnah?
Ya Rabb, ampunilah segala dosa Mom, beliau sudah berusaha yang terbaik buat saya, anaknya, dan berusaha menjalankan amanahMu. Saya saja yang kadang keterlaluan dan tidak mengerti. Berilah ia surgaMu..

Mom, sekarang saya sudah dewasa dan dengan restumu serta ridha Allah, Insya Allah, saya nantinya juga akan menjadi seperti Mom, seorang istri dan Ibu. Saya tidak boleh mengecewakan Mom, karena hampir seluruh hidup Mom sudah Mom berikan buat saya.

Love you, Mom.. more than love word itself..