Ini postingan lama yang saya tulis pas lagi sibuk-sibuknya renovasi rumah.. Daripada nganggur, saya posting aja deh.. hehehe.. Smoga review-nya membantu..

Salah satu kegiatan menyenangkan waktu membangun Rumah adalah memilih cat! Hihihi.. Saya suka ekperimen dengan cat, karena suatu ruangan bakal jadi beda dengan sentuhan2 warna tertentu. Ibarat milih eyeshadow atau lipstick gitu, hihihi..

Salah satu agenda renovasi rumah kemaren  adalah mengecat kembali dinding2 yang udah kusam gara2 bocor kemaren. Permasalahan Rumah kami kemaren,  dinding ada yang catnya mengelupas gara2 kena rembesan air dari talang yang bocor. Pemborong pertama Rumah dari developer emang rada nakal. Makanya kadang muncul masalah gini. Makanya kami sekarang benahi lagi. Dibongkar, disemen, plamir, dan dicat lagi untuk beberapa dinding yang bermasalah L Nyebelin sih tapi ya udah mau marah-marah orangnya udah gak tau kemana.. Komplain? Sudah bolak-balik wekekek.. Makanya sekarang diselesai sendiri aja.

Oke.. balik ke pemilihan cat. Pada intinya kami hanya melakukan cat ulang pada eksterior dan beberapa bagian Rumah. Kenapa dicat ulang? Karena dasarnya warna awal yang dipilih  setelah dicat warnanya jadi beda, abu-abu rada kebiruan kayak warna Rumah dinas AL. Hehehehe.. Selain itu cat awal yang dipilih jenisnya eksterior tapi kurang bagus jatuhnya. Penampakan sebelumnya setahun lalu jadi mau diganti ke abu2 yang lain

Untuk eksterior, seperti tulisan sebelumnya, kami menggunakan dua merk cat. Pertama, Dulux Weathershield dengan jenis Grey Tabby untuk warna abu2 tua. Kedua, saya menyarankan menggunakan Jotunshield Extreme untuk warna abu2 muda.

maafkan penampakan semprotan airnya, wakakak

Gimana hasilnya? Ternyata dua-duanya sama memuaskan, dan coverage-nya bagus sekali. Jotun ternyata bagus banget jatuhnya dan gak kalah dibandingkan Dulux yang jujur harganya lebih mahal hehehe. Untuk perbandingan saja, Dulux Weathershield, ukuran 2,5kg harganya 208rb sekian, sedangkan Jotunshield Extreme 2,5kg harganya 153rb sekian plus diskon 10% (khusus akhir bulan)  di Depo Bangunan kemaren, hehehe. Jotunshield Extreme ini adalah produk terbaru dari Jotun. Catnya semi kilap dan cepet keringnya. Selain Extreme, ada juga jenisnya Jotunshield Flex yang harganya lebih mahal, tapi yang Extreme juga udah bagus kok. Bahkan bisa menutupi retak rambut pada dinding garasi kami. Klaim mereka, kalo cat ini merupakan jenis cat eksterior yang paling cocok dengan daerah tropis dengan ketahanan sekitar 8 tahun. Selama tahun 2009, penjualan mereka meningkat dan kata mas2 disana juga angka penjualan cat Jotun juga bagus.

Selain eksterior, saya juga memilih cat Jotun untuk interior. Yang dicat adalah calon kamar baby. Hehehe. Kenapa gak wallpaper? Karena saya gak tahu hunting wallpaper di SBy yang bagus dimana, LOL! Rencananya, nanti baru dikasih wallpaper lucu2 setelah dicat. Untuk cat kamar baby, disarankan yang tidak berbau (odorless) dan tidak mengandung merkuri. Dan cat Jotun ini termasuk yang aman. Pilihannya ada beberapa –saya lupa detailnya- kayak yang matte, semi kilap, kilap yang bisa menutupi retak rambut. Kami pilih yang Matte untuk kamar anak, jenisnya Majestic Matte (harga berkisar 114-117ribu per 2,5kg) dengan pilihan warna biru gradasi, Islands Reef dan Vintage Line. Sedangkan untuk dapur (belum sempet difoto), kami pake Mayestic Silk –CMIIW- tipe yang kilap dan menutupi retak rambut (harga 152ribu per 2,5kg)

Hasilnya juga memuaskan. Ohya karena jenisnya cat oplosan, di Depo Bangunan disediakan juga computer untuk menunjukkan simulasi hasil cat. Ternyata hasilnya gak beda jauh.. Alhamdulillah, so far, saya puas dengan cat Jotun. Cocok sekali buat yang suka permainan warna dengan hasil yang memuaskan, hehehe…

Sebenernya bisa aja ngecat sendiri, apalagi untuk kamar yang space-nya gak terlalu gede. Kemaren tukang kami tuh gak seberapa bagus kerjanya.. Masa mau dicat, temboknya gak digosok dulu?.. Sebel kan? Baru nyadar pas udah dicat semua, hahahaha.. Tahapan kalo mau ngecat sendiri, yang pertama, jangan lupa dinding digosok dengan kertas gosok tujuannya supaya cat lama terkelupas dan nanti kalo dicat permukaan lebih halus. Untuk hasil lebih maksimal, bisa pakai base-nya dulu. Untuk jotun, base-nya harganya sekitar 80rban per 2,5kg kalo gak salah. Nah, baru deh berkreasi untuk mengecat.